Bagian Tubuh Kumbang Mania

Bagian Tubuh Kumbang Mania – Kumbang adalah kelompok terbesar di Kerajaan Satwa, mewakili sekitar seperempat dari semua binatang. Saat ini, lebih dari 350.000 spesies kumbang telah diidentifikasi. Namun para ilmuwan yang mempelajari kumbang (coleopterists) yakin masih ada ribuan lainnya yang belum ditemukan.

Bagian Tubuh Kumbang Mania

Bagian Tubuh Kumbang Mania

Anda mungkin akrab dengan beberapa spesies kumbang yang berbeda dengan nama umum mereka: kepik, bug Juni, kumbang penggerek, serangga petir atau kunang-kunang, penggerek, dan bug kentang. Tidak ada kelompok hewan lain yang memiliki berbagai warna, bentuk, dan ukuran. Beberapa spesies kumbang berukuran sebesar kepalan tangan Anda; yang lain sangat kecil sehingga bisa masuk melalui lubang jarum. Banyak spesies berwarna cemerlang, seperti permata, sementara yang lain secara cerdas menyatu dengan lingkungan mereka. Tidak peduli apa bentuk, ukuran, atau warnanya, aman untuk mengatakan bahwa kumbang adalah kelompok hewan paling sukses yang pernah dikenal!

Bagian tubuh kumbang. Tubuh kumbang terdiri dari tiga segmen utama: kepala, dada, dan perut.

Kepala  Kepala adalah tempat mata, mulut, otak, dan antena kumbang ditemukan. Beberapa kumbang bertanduk memiliki ekstensi di kepala mereka yang mengingatkan para ilmuwan tentang tanduk atau tanduk.

Thorax Thorax adalah pusat kekuatan tubuh kumbang, terbagi menjadi tiga bagian. Enam kaki kumbang dan sayapnya melekat pada bagian-bagian ini. Sayap depan yang tebal dan mengeras, yang disebut elytra, menutupi sebagian besar tubuh kumbang dan sayap belakangnya menawarkan perlindungan yang sangat baik. Beberapa spesies mampu menangkap kelembaban di bawah sayap mereka, membantu mereka bertahan hidup di padang pasir di mana air langka. Spesies lain dapat hidup di bawah air karena mereka dapat menjebak udara di bawah elytra.

Abdomen  Perut berisi organ-organ untuk pencernaan dan reproduksi. Sebuah exoskeleton yang keras dan elytra melindungi selaput lunak kumbang dan menjaga agar kumbang tidak mengering atau menjadi basah kuyup.

Fleksibel, antena panjang di kepala kumbang bertindak seperti antena untuk membantu kumbang menemukan makanan, jodoh, dan tempat bertelur. Mereka juga memperingatkan kumbang untuk getaran di udara yang bisa berarti predator sudah dekat. Seekor kumbang menggunakan kakinya untuk secara teratur membersihkan antena penting tersebut. Rambut kecil di tubuh dan kakinya, yang disebut setae, sensitif terhadap sentuhan, suara, bau, rasa, dan cahaya.(Slot Game)